Search This Blog

Tuesday, December 7, 2010

CONTOH ILUSTRASI PRAKTIS

1. Pelangi sangatlah indah karena terdiri dari berbagai macam warna. Merah, jingga, kuning, hijau, biru dan ungu. Jika warna pelangi hanya biru semua, maka orang akan menganggapnya langit. Kita tidak harus sama persis dengan orang lain. Kita masing-masing punya keunikan yang bisa menjadi indah jika bekerja sama dengan orang lain.

2. Tali-tali pada sebuah gitar tidaklah sama ukurannya dan diatur dengan ketegangan yang berbeda-beda satu sama lain supaya menghasilkan warna yang indah. Jika tegangannya dibuat sama, maka ketika diketik bersamaan, maka suaranya akan terdengar kurang bagus karena monoton. Demikian juga dengan tubuh Kristus. Bermacam-macam anggota dengan fungsi yang bebeda-beda namun untuk satu tujuan yaitu memuliakan Allah.

3. Bagian akademik suatu STT di Jakarta menegaskan akan menggagalkan seluruh mahasiswa di salah satu kelas karena absensi mahasiswanya hilang. Secara bersama-sama mahasiswa di kelas tersebut menyampaikan aspirasi argument-argumen mereka sehingga pihak sekolah membuat keputusan untuk membuatkan absen baru.kalau hanya satu orang saja yang menyampaikan keberatan, pasti tidak akan ditanggapi. Indahnya kebersamaan.

4. Pidato Barack Obama yang singkat di Universitas Indonesia mampu membuat rakyat Indonesia terharu dan ada yang menangis. Sedangkan pidato presiden Indonesia yang panjang lebar bahkan sampai diselingi tangisan tak mampu membuat rakyat terharu. Jabatan boleh sama tapi karakter belum tentu sama.

5. Tim SAR menemuka beberapa mayat di rumah mbah Marijan sewaktu “wedhus gembel” menyapu daerah mereka. Belakangan dilaporkan bahwa orang-orang tersebut percaya kepada sang juru kunci tersebut bahwa daerah mereka aman. Percayalah dan gantungkan keselamatan hanya pada Tuhan dan jangan kepada manusia.

6. Seorang pemulung yang compang-camping setelah diberi tempat tinggal dan pakaian yang baik menjadi kelihatan lebih rapid an segar. Namun ketika ditanya bagaimana perasaannya, dia menjawab bahwa dia tidak nyaman. Menurutnya lebih enak tinggal di jalanan sebagai pemulung. Penampilan fisik bisa diubah dengan cepat tapi merubah karakter butuh proses.

7. Sepasang suami istri terlihat sangat mesra. Kemana-mana selalu terlihat bersama dan bahkan mengatakan bahwa mereka tidak bisa hidup tanpa pasangannya.namun, sebulan setelah sang istri dipanggil Tuhan, sang suami dengan mengejutkan menikah lagi. Sungguh, janji dan komitmen manusia bisa berubah. Hanya Allah yang tidak berubah.

8. Suatu hari sebuah jam meja tiba-tiba berhenti berdetak padahal baterenya masih bagus. Akhirnya sang pemilik membawa jam tersebut kepada tuakng service jam. Setelah tidak ditemukan kejanggalan, maka tukang service bertanya kepada jam tersebut kenapa dia berhenti. Dan jam itu pun menjawab kalau dia berhenti karena capek berpikir bahwa dia harus bekerja sebanyak 87.400 kali dalam sehari. Tidak ada satu manusiapun yang sanggup melakukannya, makanya dia stress. Tukang service pun berpikir sebentar dan bertanya, kalau berapa kali dia harus bekerja dalam 1 detik. Si jam pun menjawab hanya sekali dan tidak lebih, untuk itulah dia dibuat. Akhirnya si jam bersemangat lagi karena menyadari dia hanya perlu bekerja sekali dalam sedetik dan tidak perlu berpikir detik-detik selanjutnya. Kta pun seharusnya jangan kuatir tentang hari esok. Yesus berkata, bahwa kesusahan sehari biarlah untuk sehari.

9. Seorang pengunjung villa bertanya kepada penjaga villa sangat bersih dan selalu rapi padahal pemiliknya tidak tinggal di situ. Dengan santainya penjaga villa itu menjawab bahwa dia senantiasa berharap bahwa tuannya akan datang besok, makanya dia merapikan villa tiap hari. Demikian juga dengan kita, harus senantiasa waspada sebab kita tidak tahu kapan Tuhan Yesus akan datang kembali atau kapan kita akan menghadap Tuhan.

10. Kamar Daud di asrapa kami tiba-tiba menjadi panas dan tidak nyaman karena kipasnya mati. Setelah diteliti, ternyata kaberl yang menghubungkan kipas dengan sumber listrik terputus. Demikina juga dengan orang percaya, kita akan merasa tidak nyaman bila hubungan kita dengan Tuhan terputus baik melalui doa maupun firman. Untuk itu, tetaplah terhubung dengan Tuhan.

11. File makalah saya hilang dari flashdisk karena terkena virus, saya pun jadi panic karena tugas makalah harus segera dikumpulkan besoknya. Tapi untung saja tanpa sengaja saya sempat meng “save” salinannya di computer sekolah sehingga makalahku bisa dikumpulkan tepat waktu. Tuhan menggunakan cara-cara yang unik untuk menolong kita, bahkan dengan cara yang tidak pernah kita duga sedikitpun.

12. Menurut aturan yang berlaku, mahasiswa yang tidak lunas biaya asrama maupun SPP tidak boleh ikut tes UAS. Namun setelah beberapa orang yang blum lunas pergi menghadap petugas yang bertanggung jawab untuk hal itu, maka dicarilaha solusi terbaik bagi semua sehingga semua mahasiswa bisa mengikuti UAS. Jika kita mau jujur dan terbuka satu sama lain, maka pasti ada jalan keluar untuk setiap masalah yang ada. Keterbukaan awal pemulihan.

13. Jalanan di Jakarta sangat beraneka ragam. Ada jalana tol yang kita bisa pakai dengan lancarnya dan ada juga jalanan biasa yang macetnya minta ampun. Dan ketiha hujan, banyak jalan yang menjadi seperti sungai karena banjir. Hal ini menuntuk para pengendara di kota Jakarta agar bisa berkendara dalam segala situasi. Demikan juga dengan hamba Tuhan, harus senantiasa siap dalam menghadapi berbagai macam tantangan yang ada di dunia sekarang.

14. Seorang kakak tingkat saya terpaksa harus mngambil kembali mata kuliah yang sudah pernah diambilnya karena tidak bisa menunjukan rakapitulasi mata kuliah yang telah diambil. Beberapa minggu sebelum perkuliahan berakhir, dia menemukan rekapitulasi mata kuliahnya dan dia membatalkan mata kuliah yang telah dia ambil, padahal sudah lumayan waktu yang diluangkan untuk hal itu. Ini tentu saja bisa dihindari jika dia teliti sejak awal. Demikian juga dengan kita sebagai hamba Tuhan, harus senantiasa teliti dan cerdik dalam menjalani kehidupan agar tidak perlu membuang-buang waktu yang tidak perlu.

15. Seorang penjaga gawang professional pernah berkata bahwa dia tidak hanya waspada ketika lawan menggiring bola memasuki zona amannya namun dia senantiasa mengamati dimana pun sang kulit bundar berada sebab bukan tidak mungkin bola itu datang menerjang gawangnya dengan tiba-tiba. Untuk itu dia harus waspada setiap saat. Kitapun sebagai orang percaya dituntut untuk senantiasa waspada terhadap setiap tantangan yang ada dalam kondisi apapun.

(by Athen)

No comments:

Post a Comment