Search This Blog

Monday, December 5, 2011

“HARAP TENANG SEDANG UJIAN” (Yesaya 30:15,16)

I. PENDAHULUAN
1. Pasti tema di atas sudah tidak asing bagi kita. Cobalah main drum saat ada ujian yang sedang berlangsung, pasti akan di keroyok massa (orang-orang yang sedang ujian).
2. Terkadang kita Tidak menydari bahwa peringatan tersebut tidak hanya ditujukan bagi mereka yang ujian kelulusan sekolah ataupun UTS dan UAS namun peringatan itu juga berlaku bagi kita mengalami ujian dalam kehidupan kita.

II. PENDALAMAN MATERI
1. Yesaya 30 ini menunjukan bahwa orang Israel sedang dalam ujian dimana bangsa Asyur sedang dalam perjalanan dari timur untuk menguasai daerah-derah di sekitarnya sehingga orang Israel menjadi panic dan mencari pertolongan ke negala lain yang dianggap lebih kuat.
2. Pada ayat 15, Tuhan mengatakan bahwa kekuatan itu justru ada saat umat Israel tinggal diam dan tenang. Diam dalam arti mereka tenang dan bergantung hanya pada Allah saja.
3. Di ayat 16 ditegaskan bahwa kepanikan dan ketangkasan justru tidak dapan memberikan jalan keluar dalama menghadapi masalah.

III. PENUTUP
1. Seringkali saat kita mengalami ujian, kita terlalu sibuk sibuk mencari jalan keluar dengan pola pikir dan kekuatan kita sendiri bahkan sibuk mencari bantuan "ke tempat lain" atau sibuk marah dan menyalahkan Tuhan atas semua yang terjadi dalam kehidupan kita.
2. Seharusnya kita tetap tenang menghadapi apapun yang ada dihadapan kita, seperti yg tertulis di Yesaya 30:15 "Dengan bertobat dan tinggal diam kamu akan diselamatkan, dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu."
3. Kalau kita percaya dan kenal siapa Tuhan kita, seharusnya tidak ada alasan untuk kita takut dan "sibuk sendiri" saat menghadapi masalah dan ujian . Pertanyaan nya "apakah kita sudah benar-benar kenal dan tau siapa Tuhan kita??"
4. jadi mulai sekarang, saat kita sedang menghadapi banyak masalah "Harap tenang hidupmu sedang di uji" datanglah pada-Nya dan kita akan mendapatkan jalan keluar ^_^

Posting ini merupakan bagian dari Tugas menyampaikan informasi tentang firman Tuhan dengan menggunakan Media Blog, Mata Kuliah Media Pembelajaran.
Nama Dosen: Yonas Muanley, M.Th.